BAGAIMANA CARA MENDAFTAR

1 Login atau daftar sebagai partisipan.
2 Catat kode pendaftaran anda.
3Datang dalam kegiatan kami.

Jika masih ada yan ingin anda tanyakan hubungi email kami di info@website.com . Terimakasih!

KETERANGAN

Kode Pendaftaran anda
dapat ditukar dengan
Kaos dan Merchandise menarik!

LUPA PASSWORD?

LOGO

Sosialisasi Riset dan Pemetaan partisipasi dalam Pemilu

28 Mei 2015 - 28 Mei 2015

entradisikan riset sebagai bagian dari tugas KPU disosialisasikan dengan lugas dalam kegiatan Sosialisasi Riset dan Pemetaan partisipasi dalam pemilu yang digelar KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan KPU Kabupaten/kota pada kamis (28/05), di ruang rapat KPU Babel. Sosialisasi diikuti oleh Ketua, anggota Divisi sosialisasi dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Babel.

“ pilkada serentak telah didepan mata, permasalahan-permasalahan klasik terkait partisipasi dalam pemilu ditemukan di setiap periode pemilu, dengan kebijakan strategis dalam manajemen pemilu melalui program riset pemilu 2015 yang dilakukan oleh KPU Kab/Kota, tentu saja ini menjadi tradisi baru dalam menemukan akar masalah dan merumuskan kebijakan berbasis riset” ungkap Dra. Lailan Cholidah, anggota KPU Babel dalam sambutannya membuka acara sosialisasi yang hadiri oleh KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Babel. Lebih lanjut Lailan berharap melalui kegiatan sosialisasi, KPU Kabupaten/Kota mendapatkan pencerahan dan pemahaman pelaksanaan riset sehingga riset dapat terlaksana dengan baik.

Hadir sebagai Narasumber Dr. Ibrahim, akademisi dari Fisipol UBB, yang menyampaikan materi sosialisasi riset dan pemetaan partisipasi dalam pemilu. Perencanaan penelitian, metode penelitian dan potensi topik riset pemilu dikupas tuntas oleh Ibrahim yang disambut dengan antusias pertanyaan dari KPU Kabupaten/kota. “muara dari riset adalah adanya rekomendasi baru design penyusunan kebijakan” ujar ibrahim menutup presentasi.

Pelaksanaan Riset dibagi menjadi 5 (lima) Tema potensial yang telah dibagi tiap KPU Kabupaten/Kota, yaitu :

  1. Kehadiran dan Ketidakhadiran Pemilih di TPS (Voter turn-out) dilaksanakan KPU Kota Pangkalpinang
  2. Perilaku memilih (Voting behaviour) dilaksanakan KPU Kabupaten Bangka Tengah dan KPU Kabupaten Belitung Timur
  3. Politik uang (Money politics/Vote buying) dilaksanakan KPU Kabupaten Bangka dan KPU Kabupaten Bangka Selatan
  4. Tingkat melek politik warga (Political literacy) dilaksanakan KPU Kabupaten Belitung
  5. Kesukarelaan Warga dalam Politik (Political voluntarism) dilaksanakan KPU Kabupaten Bangka Barat

Davitri, Anggota KPU Babel menekankan pemahaman pedoman riset agar dicapai kesamaan persepsi perencanaan, pelaksanaan dan output riset KPU Kabupaten/Kota. Hasil dari riset yang dilaksanakan menghasilkan output dalam bentuk laporan Riset dan Publikasi hasil riset. “KPU Kab/Kota harus bisa memaksimalkan anggaran yang sangat terbatas tanpa mengurangi kualitas dari output riset tersebut ”ujar Davitri menutup kegiatan sosialisasi.

AGENDA LAIN

Indeks Agenda Kegiatan -
TOP