BAGAIMANA CARA MENDAFTAR

1 Login atau daftar sebagai partisipan.
2 Catat kode pendaftaran anda.
3Datang dalam kegiatan kami.

Jika masih ada yan ingin anda tanyakan hubungi email kami di info@website.com . Terimakasih!

KETERANGAN

Kode Pendaftaran anda
dapat ditukar dengan
Kaos dan Merchandise menarik!

LUPA PASSWORD?

LOGO

KPU BANGKA GANDENG KOMUNITAS DAN MASYARAKAT TINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT

Senin, 12 Desember 2016

Bangka.go.id, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka gandeng komunitas dan masyarakat dalam sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (PILGUB) 15 Februari 2017 mendatang. Puluhan komunitas di daerah kabupaten bangka membantu jalannya proses sosialisasi pilgub di masyarakat luas. Menurut keterangan yang dihimpun, ketua KPU Kabupaten Bangka, Zulkarnain A menjelaskan bahwa KPU Bangka telah melakukan proses sosialisasi secara terstruktur dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari stakeholder pemerintahan. “Kita sudah melakukan kerjasama dan mengundang para stakeholder yang bisa membantu kita mensosialisasikan pilgub ini, terdiri dari Bupati, Dewan Perwakilan Rakyat, Camat, Lurah, Kepala Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan termasuk kepada para pemerintah desa di wilayah kabupaten Bangka” Papar Zul.

Dalam pemilihan Gubernur tahun 2017 mendatang Zul mengharapkan dapat memenuhi target nasional yaitu 75% dari masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pilgub. “Kita berharap pilgub mendatang sesuai dengan target nasional, karena berdasarkan data terakhir angka yang dicapai KPU Kab. Bangka pada saat pemilihan legislatif (Pileg) hanya sebatas 68% dari total 100% masyarakat yang diharapkan berpartisipasi” ujarnya.

KPU Kabupaten Bangka bekerjasama dengan Komunitas Babel Kreatif mengajak para pemuda yang termasuk dalam kategori pemilih pemula agar ikut serta dalam mensukseskan Pilgub 2017. “Melalui kerjasama yang kita lakukan dengan Komunitas, Babel Kreatif terlihat peningkatan yang signifikan terhadap minat para pemuda yang termasuk didalamnya juga para pelajar SLTA yang sudah memiliki hak suara, kegiatan itu dilaksanakan di Teras Cafe Sungailiat dan kita diundang dalam kegiatan tersebut” Tambah Zul.

Sosialisasi pilkada mendatang, KPU Kab. Bangka telah melakukan kesepakatan untuk bekerjasama dengan masyarakat daerah Belinyu tepatnya di Gunung Muda, dan akan mengundang masyarakat setempat   serta turut melibatkan Karang Taruna, sebelumnya juga KPU Kab. Bangka telah melakukan sosialisasi dalam peringatan hari KORPRI lalu yang termasuk didalmnya pemilih pemula, undangan dari kecamatan dan ke depan bisa melaksanakannya di desa-desa sesuai dengan anggaran.

Dalam proses kampanye, Zul menerangkan bahwa tidak ada penolakan-penolakan dari masyarakat setempat dengan kehadiran para paslon, sejauh ini pun tidak ada janji-janji dari paslon yang kampanye, hanya sebatas ingin kesejahteraan masyarakat terwujud. “paslon yang datang ke masyarakat untuk kampanye tidak menjanjikan apa-apa, tapi semua kita tahu bahwa setiap paslon pasti menyampaikan ingin mensejahterakan masyarakat”, Ucap Zul. Ia melanjutkan lagi, dengan Panwas juga kita selalu bekerjasama dalam mengawal Pilgub ini agar sesuai harapan, saya juga menghimbau kepada seluruh staff di sekretariat KPU bahwa Panwas adalah mitra KPU dan harus solid dalam menjalankan kegiatan masing-masing dan juga bersinergi dengan panwas”.

Sejauh ini belum ada pelanggaran yang ditemukan oleh Panitia Pengawas Pemilu, namun ada pelanggaran kecil saja yang disampaikan oleh Panwas kepada KPU. Pemasangan Alat Peraga Kampanye juga semapt ditanyakan oleh Pasangan Calon, namun Zul menyatakan bahwa kita masih menunggu perintah untuk melakukan pemasangan APK tersebut. “tidak ada yang menanyakan, hanya saja kalo ada yang tanya saya bilang masih dalam proses”, paparnya lagi.

Mengenai persoalan data pemilih, KPU kab. Bangka masih terkendala terkait jumlah Daftar Pemilih mendapatkan E-KTP dan hal ini akan menyebabkan persoalan yang pelik nanti pada saat proses pemilihan. Pihaknya telah melakukan kerjasama dengan dukcapil untuk mengajak masayrakat agar mau merekam E-KTP untuk kepentingan mendapatkan hak suara nantinya, bahkan ia menyebutkan bahwa Dukcapil siap memasukkan masyarakat yang belum mendapatkan E-KTP kedalam data kependudukan, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan karena harus mendapatkan surat dari KPU secara tertulis. “kita sudah lakukan kerjasama dengan Dukcapil, mereka juga siap mendaftarkan masyarakat yang belum punya E-KTP dalam data kependudukan, tapi mereka minta surat dari kita, karena tanpa surat itu, mereka tidak bisa melakukannya meskipun telah ada surat dari kemendagriterkait persoalan data penduduk ini. Kita selaku pelaksana juga tidak bisa serta merta membuat surat tersebut karena harus melalui prosedur yang benar, kita sudah konsultasikan ke KPU Provinsi dan belum ada tanggapan yang kita terima lagi. Dari seluruh jumlah masyarakat kabupaten Bangka, dukcapil menyampaikan informasi bahwa hanya ada 4.000 masyarakat yang belum E-KTP, namun setelah kita masukkan ke aplikasi daftar pemilih (SIDALIH) ternyata ada 18.000 masyarakat yang belum terekam E-KTP, menanggapi hal tersebut maka dukcapil bergerak cepat sehingga dari  angka 18.000 menurun sehingga masih bersisa 14.000 lagi” papar Zul. Selanjutnya ia menambahkan lagi bahwa KPU kabupaten Bangka tidak bisa ambil keputusan sebelum ada putusan dari KPU RI, tapi jika ada Dukcapil menyampaikan bahwa 14.000 masyarakat yang belum terdaftar itu aman dan bisa memberikan hak suaranya nanti.

Dalam kunjungan monitoringnya ke KPU Kab. Bangka, Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas, Abdon Gultom juga memberikan informasi terkait sosialisasi yang dilakukan ditingkat KPU Provinsi dan berharap KPU Kab. Bangka membantu memantau sosialisasi yang telah dilakukan oleh KPU Provinsi di kelurahan-kelurahan. “Kita dari KPU provinsi bangka belitung telah melakukan sosialisasi ke kelurahan-kelurahan dengan memasang baliho di setiap kantor kelurahan diseluruh wilayah provinsi Bangka Belitung. 

BERITA LAIN

Indeks Berita -
TOP