kpu-babelprov.go.id, Pangkalpinang, Menyasar Pemilih Pemula, KPU Babel bekerjasama dengan Babelpos selenggarakan Lomba Pentas Seni dan Stand Up Comedy bertemakan Pemilukada, kamis (8/12/2016). " />

BAGAIMANA CARA MENDAFTAR

1 Login atau daftar sebagai partisipan.
2 Catat kode pendaftaran anda.
3Datang dalam kegiatan kami.

Jika masih ada yan ingin anda tanyakan hubungi email kami di info@website.com . Terimakasih!

KETERANGAN

Kode Pendaftaran anda
dapat ditukar dengan
Kaos dan Merchandise menarik!

LUPA PASSWORD?

LOGO

PENSI KPU-BABEL POS MERIAH

Jumat, 09 Desember 2016

kpu-babelprov.go.id, Pangkalpinang, Menyasar Pemilih Pemula, KPU Babel bekerjasama dengan Babelpos selenggarakan Lomba Pentas Seni dan Stand Up Comedy bertemakan Pemilukada, kamis (8/12/2016). Sorak sorai pendukung masiang-masing peserta terdengar riuh dihalaman kantor BabelPos, Jl. Jend Sudirman no 10. Selindung Baru Pangkalpinang 

 

KETUA KPU Babel, Fahrurrozy yang diwakili  Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Babel, Abdon Gultom, menyatakan KPU Babel sengaja mengkonsepkan kegiatan semacam ini memang bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya partisipasi masyarakat khususnya pemilih pemula di dalam ajang pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017, dengan harapan melalui kegiatan ini dapat memotivasi para pemilih pemula untuk terlibat aktif  dalam mensukseskan Pilkada serentak  se-Indonesia termasuk di Babel.

 

Disamping tujuan utama tersebut, KPU Babel bermaksud mengembangkan bakat masyarakat atau generasi muda bernuansa demokrasi. Perpaduan budaya daerah dengan pengembangan bakat  menjadi jalan untuk mengenalkan pemilu lebih dekat. “ Melalui pendekatan budaya, kita dapat mengeksplor pengetahuan masyarakat terhadap kepemiluan dengan memasukan pesan  edukasi tentang pemilukada dan demokrasi, tentunya ini pun  menjadikannya sebagai kombinasi yang sangat pas “ jelas abdon Gultom dalam sambutannya.

 

“Apalagi kepada pemilih pemula, sebab kepada  mereka yang berada di usia ini kalau kita berikan dengan ceramah, maka boleh jadi masuk kuping kanan, keluar kuping kanan juga, makanya kita konsepkan  sosialisasi kali ini lebih dengan pentas seni dan stand up comedy saja, dengan harapan ini mungkin akan lebih mudah dipahami oleh pemula ataupun masyarakat” jelas Gultom juga mengapresiasi atas kerjasama yang telah dilakukan bersama Babel Pos

“Kami melihat bahwa umumnya karakter pemilih pemula di Babel ini, mereka memang ingin tahu tentang sosok-sosok calon yang ada. Akan tetapi kemudian jika sosialisasinya sendiri hanya melalui artikel dan ceramah-ceramah saja memang tidak cukup. Makanya sekarang pola kita untuk mensosialisasikan ini disesuaikan dengan karakter anak muda itu sendiri misalnya melalui foto selfi di depan  TPS secara online dan sebagainya yang tentunya lebih menarik minat anak–anak muda,” sebutnya.

 

Gultom menjelaskan bahwa sosialisasi semacam ini seperti yang terus di arahkan oleh KPU pusat  untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tanpa harus menunggu momentumnya.  Setiap provinsi dapat membuat program kepemiluan, bisa dengan memasukannya dalam kurikulum sekolah sekaligus juga melibatkan DPRD dan dinas pendidikan dalam pelaksanaannya dalam program KPU Goes to School. Pelaksanaan sosialisasi membutuhkan dana yang besar, karena itu KPU  tetap berupaya untuk terus melakukan berbagai sosialisasi dengan cara yang lebih edukatif, bermanfaat dan juga lebih efisien dalam penganggaran. Hal ini tidak lepas dari target untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, karena  target partisipasi pemilih tahun depan 2018 mencapai 77,5 % sedangkan  2016 masih mencapai 77 %.

 

Sementara itu, General Manager BabelPos Syahril Sahidir,  mengaku menyambut baik kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak KPU Babel kepada Babel Pos untuk ikut memfasilitasi terselenggaranya kegiatan sosialisasi Pilkada bertajuk Lomba Pentas Seni dan Stand Up Comedy KPU Babel Tahun 2016.

 

Terlihat antusias peserta lomba mengikuti acara pensi dan stand up comedy, dandanan maksimal para penari, bahkan materi yang matang dari komika peserta stand up comedy disambut sorak sorai penonton yang memberikan semangat pada teman-teman yang beraksi. Guyuran hujan deras pun tidak menyurutkan semangat para peserta dan penonton untuk tetap ditempat hingga acara selesai.

 

Saat ditanya, apakah kegiatan ini membantu pemilih mengenal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Gita, salah seorang penonton Pensi dan Stand Up comedy menuturkan event pensi ini membantunya untuk mengetahui syarat memilih bagi pemilih pemula sepertinya             “untung lah sudah ngerekam KTP, tinggal ningok namaku ade pe dak di daftar pemilih tu, pilgub ni pertama kali ku gunakan hak pilihku” ujarnya.

Jelang sore, para juri mengumumkan pemenang lomba pensi dan stand up comedy yang berhak membawa piala dan piagam penghargaan serta uang tunai.

 

kategori Pentas Seni yaitu :

Juara 1

BFAC

Juara II

KP Dance

Juara III

Lidi Satu Atap MAN 1 Pangkalpinang

Juara Harapan I

Sanggar Band STIH Pertiba

Juara Harapan II

Gong Production

Juara Harapan III

JP Pangkalpinang

 

Kategori Stand UP Comedy, yaitu :

Juara 1

Rama - Pangkalpinang

Juara II

Oop - UBB

Juara III

Fengky- Stand Up Indo Bangka

Juara Harapan I

Arham - UBB

Juara Harapan II

Syarief Firdaus -Kelapa

Juara Harapan III

Imam - Kelapa

 

Banyak pesan-pesan moral yang disampaikan para komika stand up comedy dalam penyampaian materi stand upnya. Oop, salah satu komika contohnya mengangkat tema kegaluan yang melanda pemilih pemula dengan pengetahuan minim akan pemilu. Rama, seorang Guru mengangkat tema pentingnya memilih dalam pemilu. “kalau ada pemilih pemula, maka ada pemilih profesional dong” tanya rama yang disambut gelak tawa para penonton. Lomba Pensi dan stand up comedy semakin ramai dengan teater yang menceritakan situasi yang sering terjadi jelang pemilu, minimnya pengetahuan masyarakat akan siapa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, visi misi paslon, cara memilih dan syarat memilih serta beredarnya politik uang untuk memilih salah satu paslon. Lemah gemulai para penari pun menyampaikan pesan akan pelaksanaan pilkada dengan membawa spanduk sukseskan pilkada 2017.  (rina/red)

BERITA LAIN

Indeks Berita -
TOP