SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG •    MARI KITA SUKSESKAN BERSAMAI PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2017, DEMI BANGKA BELITUNG YANG LEBIH MAJU •    MARI KITA CIPTAKAN PEMILU DAMAI DAN BERINTEGRITAS •   

RUMAH PINTAR PEMILU SARANA PENDIDIKAN DEMOKRASI MASYARAKAT

Rabu, 17 Mei 2017

Belitung Timur- Sebagai salah satu Inovasi dalam peningkatan partisipasi masyarakat,  Komisi Pemilihan Umum (KPU)  melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP) berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait Pemilihan Umum dan Demokrasi.

Dengan adanya Rumah Pintar ini diharapkan bukan hanya Rumahnya saja yang pintar,  tapi pengetahuan masyarakat di Belitung Timur ini makin pintar dalam menggunakan hak pilihnya. Hal tersebut diungkapkan anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik dalam peresmian Rumah Pintar Pemilu "Paun Demokrasi Laskar Pelangi"  Kabupaten Belitung Timur,  Rabu (17/5). Menurutnya,  sebagai salah satu program nasional Rumah Pintar Pemilu menjadi harapan dalam mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat,  mengingat tantangan kedepan KPU menghadapi pemilihan serentak 2019. Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Belitung Timur merupakan peresmian RPP yang ke 289. “Penamaan RPP KPU Belitung Timur “PAUN DEMOKRASI LASKAR PELANGI” diadopsi dari kearifan lokal” jelas Pirmawan, Ketua KPU Belitung Timur.

Partisipasi masyarakat diharapkan tidak hanya disaat waktu pemilihan saja,  tetapi pada tiap tahapan proses pemilu itu sendiri. "ini tantangan KPU kedepan bagaimana menjadikan (Rumah Pintar Pemilu-red) sebagai sarana pendidikan kepada pemilih untuk meningkatkan keterlibatan pemilih di setiap proses tahapan Pemilu. " ujar mantan divisi hukum dan pengawasan Provinsi Sumatera Utara itu. 

Acara peresmian Rumah Pintar Pemilu dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkomida),  Kapolres Belitung Timur,  Sekretaris Daerah (Sekda) dengan ditandai pembukaan tirai oleh anggota KPU RI serta pengguntingan pita oleh sekda Belitung Timur. Pada kesempatan yang sama KPU Belitung Timur menyerahkan Piagam Penghargaan dari kepada Lembaga/Instansi di Belitung Timur yang terlibat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung 2017. (rap/red. FOTO KPU_beltim/ Hupmas)

BERITA LAIN

Indeks Berita -
TOP