SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG •    MARI KITA SUKSESKAN BERSAMAI PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2017, DEMI BANGKA BELITUNG YANG LEBIH MAJU •    MARI KITA CIPTAKAN PEMILU DAMAI DAN BERINTEGRITAS •   

REVIEW LAPORAN KEUANGAN SEMESTER 1 KPU BABEL GANDENG TIM BPKP

Rabu, 26 Juli 2017

Pangkalpinang,-kpu-babelprov.go.id/ “doing the right thing dan doing the thing right, laporan keuangan dipastikan akurat dan akuntabel” demikian sambutan Mas darsono, membuka pelaksanaan review laporan keuangan semester 1 tahun 2017 dengan Tim dari BPKP Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung Pada Komisi Pemilihan Umum se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (26/07). Lebih lanjut Masdarsono mengapresiasi kinerja operator SAIBA dan Operator SIMAK yang mempertahankan prestasi sebagai  5 besar Laporan Keuangan terbaik KPU seluruh Indonesia.

KPU Babel menggandeng Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mereview laporan Keungan semester 1 Tahun 2017 KPU se-Provinsi Babel. Laporan Keungan dan Laporan Barang Milik Negara beserta lampirannya periode pelaporan semester 1 TA 2017 menjadi bahan review. “secara nasional KPU RI ada permintaan pendampingan review keuangan, tidak hanya di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota” jelas Mokhamad Hasan Riyadi, Korwas JFA Bidang IPP memberikan penjelasan keikutsertaan BPKP dalam review Laporan Keuangan KPU.

Kehadiran BPKP sebagai pendamping bukan sebagai auditor, tujuannya untuk mengetahui kualitas laporan keuangan untuk masing-masing satker KPU se- Provinsi Babel apakah telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) atau masih belum serta untuk menguji keakuratan, keandalan dan keabsahan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan” ucapnya lagi

Mendampingi operator SAIBA dan SIMAK KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Babel, Tim BPKP menurunkan 5 auditor, yaitu Toga Sihombing, Gunawan Triwiyanto, Wahyu Priyo Wicaksono, Martha Simbolon dan Agus Lukman Nurhakim. 

Review laporan keuangan dititik beratkan pada akun-akun keuangan yang mempunyai potensi tinggi kesalahan, dan mencari kelemahan-kelemahan apa yang terdapat dalam laporan tersebut. Standar penyusunan leporan keuangan KPU sesuai dengan standar akuntansi pemerintah melaui Peraturan Pemerintah no. 71 Tahun 2010, laporan keuangan tersusun dan tersaji dengan basis equal, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang transparan, akurat, akuntabel dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna. (rap/red. FOTO KPU_babel)

BERITA LAIN

Indeks Berita -
TOP