HOT NEWS :
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG http://kpu-babelprov.go.id •    MENUJU PEMILUKADA SERENTAK 23 SEPTEMBER 2020 PEMILIH BERDAULAT NEGARA KUAT, KPU MELAYANI •    Jangan lupa like, comment dan subscribe Youtube "KPU BABEL" •   

MODUL SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH TAHUN 2019

Senin, 02 Desember 2019

Program PENDIDIKAN PEMILIH adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya di mana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. PENDIDIKAN PEMILIH menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota.

Program PENDIDIKAN PEMILIH yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 10 (sebelas) basis pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, dan basis warga internet

Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya. Segmentasi berdasarkan basis pemilih dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua lapisan masyarakat mampu dijangkau oleh program KPU. Selain itu segmentasi tersebut adalah strategis baik dari sisi kuantitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosial-politik berbangsa dan bernegara.

Program PENDIDIKAN PEMILIH diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini tidak lepas dari tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada pemilu 2019 lebih berat karena semakin kompleksnya penyelenggaraan pemilu. Pemilih akan berhadapan dengan lima jenis surat suara di TPS. Sosialisasi dan pendidikan pemilih yang lebih masif dan intensif juga dibutuhkan untuk menurunkan angka suara tidak sah atau invalid vote dalam pemilu.

untuk modul dapat di download disini

INFO SIMPEL DIKLIH LAINNYA

Indeks Info Simpel Diklih
TOP